Never Give Up in My Life

Soft Skill yang dibutuhkan di Bidang IT

Soft skill ? Mungkin banyak orang tidak tahu apa itu soft skill?

Soft Skill adalah suatu istilah dimana seseorang dapat menunjukan kemampuan, bakat, keterampilan yang ada di dalam dirinya.

Soft skill adalah bentuk kemampuan non teknis seseorang sehingga tidak kelihatan wujudnya. Soft skill juga dapat dikatakan sebagai bentuk personal dan inter personal.
Yang dimaksud soft skill personal yaitu,  kemampuan seseorang dimanfaatkan untuk dirinya sendiri. Seperti mampu mengendalikan emosi pada diri sendiri, memanajemen waktu nya, berpikir positif. Itu semua dikategorikan ke dalam soft skill personal.
Kemudian soft skill inter personal yaitu, kemampuan seseorang dimanfaatkan untuk dirinya sendiri dan orang lain. Contohnya , seperti mampu berinteraksi dengan orang lain, mampu bekerja sama dengan orang lain atau pun dengan kelompok,  dan lain-lain.
Setelah mengetahui penjelasan tentang soft skill, disini saya akan menjelaskan secara umum soft skill apa sih yang dibutuhkan oleh para professional IT:

1. Komunikasi.

Kemampuan komunikasi sangat dibutuhkan sekali di dunia IT, misalkan ketika memperkenalkan produk atau project kita ke hadapan orang banyak. Itu merupakan salah satu dari bagaimana berkomunikasi.

2. Kontrak & Negosiasi

Yang saya maksud di sini adalah keahlian seorang IT dan business user sehubungan dengan sumber daya IT, cakupan kerja dalam menentukan sebuah proyek, dan harga proyek.

3.  Client Service & Vendor Management.

Seorang professional IT diharapkan memiliki keahlian adminstrasi dan manajemen yang baik, mampu menjalin kerja sama yang sehat dengan vendor, serta mampu menjamin bahwa SLA (service level agreement) dan KPI (key performance indicator) dapat dimaksimalkan di bidang IT.

4. Pemecah Masalah dan Pembuat Keputusan.

Bekerja dalam bidang IT seperti angka biner 0 atau 1.  Namun dalam menyelesaikan proyek kita sering berhadapan dengan area “abu-abu” yang tidak memiliki batasan yang jelas. Yang terpenting bukan benar atau salah, namun cara membuat setiap orang nyaman menyangkut proyek yang dikembangkannnya. Peran seorang problem solver dibutuhkan dalam mengidentifikasi masalah serta mampu memberikan solusi terbaik.

5. Bekerja Dalam Tim

Seorang professional IT diharuskan mapu menyalaraskan keahliannya dan sinergi dengan anggota tim lainnya. Untuk itu, latihlah kemampuan untuk melihat arsitektur proyel yang akan dihadapinya dan mampu memposisikan diri dalam situasi apapun.

6. Melatih Teknik Menulis dan Mengajar serta Berbagi Pengetahuan.
Sebagai seorang professional IT diharuskan mampu melakukan transfer knowledge kepada sesame anggota internal maupun kepada client  atau pengguna aplikasi. Melakukan semacam mentoring/ training  sangat bermanfaat sekali karena kita bisa mengenalkan keahlian kita kepada orang lain.

7. Kemampuan Berpartisipasi dalam Rapat.

Di dunia IT banyak sekali orang untuk bersiang untuk menghasilkan produk yang akan digunakan untuk menjalankan bisinis perusahaan. Ketika banyak orang terlibat, pasti akan terjadi perselisihan karena perbedaan pendapat dan kebutuhan, namun harus tetap diupayakan tercapainya kesepakatan bersama. Beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum menghadiri meja meeting adalah: membaca undangan dan agenda yang akan dibahas, membawa bahan-bahan yang berhubungan dengan agenda, dan paling penting adalah mempersiapkan bahan yang akan Anda presentasikan. Jangan pernah menghadiri sebuah meeting tanpa persiapan apapun.

8. Menangani Konflik.

Hal ini sangat diperlukan pada saat tidak ada kesepakatan yang terjadi antara IT dan user, atau pada saat tenggat waktu telah terlewati yang berakibat pada tingkat kepanikan yang meningkat. Seorang professional IT harus memberi waktu untuk mendengarkan rekan-rekan kerjanya, memberi respon positif dan tetap menempatkan diri pada posisi yang bertanggungjawab.

9. Berpikir Strategis.
Keahlian ini melibatkan kemampuan menetapkan sasaran dan pencapaian dengan cepat, melakukan perencanaan jangka panjang, mengantisipasi hal-hal yang tidak diharapkan, menganalisis lingkungan. Juga kepiawaian dalam merencanakan dan menentukan bagaimana cara penggunaan sumber daya yang terbatas secara paling efektif dan membawa setiap aktivitas yang dikerjakan mengarah pada pencapaian tujuan.

10. Kejujuran, Disiplin, dan Percaya Diri.

Yang terakhir ini memang cukup banyak, dan meskipun dituliskan terakhir bukan berarti kurang penting dibanding yang lainnya. Pada prinsipnya, sebagai professional dalam bidang apapun, pupuklah kejujuran, disiplin, dan rasa percaya diri. Bukankah ketiga hal ini yang paling sulit didapatkan akhir-akhir ini?


Akhirnya, selamat menjadi seorang professional IT, semoga sukses .

Sumber:
1. http://www.itworld.com
2. http://www.techrepublic.com



@



Soft Skill yang dibutuhkan di Bidang IT