Never Give Up in My Life

Bersyukurlah


                          وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖوَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ
Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu mema`lumkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (Q.S. Ibrahim [14]:7).

Assalamualaikum sahabat yang senantiasa dilimpahkan rezekinya oleh Allah swt, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bersyukur. Apa arti dari bersyukur itu?.

Bersyukur adalah cara kita menerima segala pemberian melalui lisan dan hati agar tercipta ketenangan, kedamaian. Bersyukur dengan segala nikmat yang Allah berikan kepada kita selaku hambaNya adalah bagian dari iman kepada Allah. Dan juga menerima qada dan qadar-Nya.

Pada ayat al-quran di atas menjelaskan bahwa kita sebgai manusia sudah sepatutnya bersyukur. Ayat tersebut juga menjelaskan bahwa semua kehidupan ini harus disyukuri untuk menciptakan hati yang selau qanaah kepada Sang Pencipta.

Bersyukur dalam hal ini memliki sifat atau cara kita bersyukur.
Rasa Syukur memiliki tiga bagian :

1. Mengucapkan kata-kata syukur atau berterimakasih.
               
             Kita perhatikan, jika kita menerima sesuatu yang abik dan kita pun bersyukur kepada Allah. Berterimakasihlah pada seseorang yang telah membantu kehidupan Anda. Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa orang yang tidak berterima kasih kepada manusia berarti tidak berterima kasih kepada Allah.

2. Berbahagia dengan segala yang dimiliki.

            Kita telah mempunyai banyak hal yang kita miliki. dan sudah sepantasnya kita berbahagia dengan semua itu. Karena apa yang telah kita miliki orang lain belum mampu memilikinya.

3. Menghargai apa yang kita miliki.

            Segala apa yang kita telah kita miliki sebaiknya kita jaga, kita rawat, kita pelihara. Agar nantinya kita memiliki hati yang selalu bersyukur.

Itulah cara bagaimana kita bersyukur dengan segal nikmat dari Allah. Semoga kita bisa selalu bersyukur dengan segala qada dan qadar dari Sang Pencipta.  

Wassalamualaikum wr.wb




@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Bersyukurlah